kebijakan kebijakan voc di nusantara dan berakhirnya kekuasaan voc

kebijakan kebijakan voc di nusantara dan berakhirnya kekuasaan voc - Hallo semuanya Pembaca Berita, Pada postingan berita kali ini yang berjudul kebijakan kebijakan voc di nusantara dan berakhirnya kekuasaan voc, telah di posting di blog ini dengan lengkap dari awal lagi sampai akhir. mudah-mudahan berita ini dapat membantu anda semuanya. Baiklah, ini dia berita terbaru nya.

Judul Posting : kebijakan kebijakan voc di nusantara dan berakhirnya kekuasaan voc
Link : kebijakan kebijakan voc di nusantara dan berakhirnya kekuasaan voc
KATA PENGANTAR

Puji syukur  saya panjatkan kepada  Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah  yang berjudul “Kekuasaan VOC di Indonesia” dengan baik tanpa halangan apapun.
Makalah ini berisikan informasi tentang kekuasaan VOC  di Indonesia dari awal terbentuknya sampai kebangkrutan VOC itu sendiri.
Tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah memberikan tugas makalah ini,sehingga saya lebih  mengerti tentang  kekuasaan VOC yang ada di Indonesia.
Dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan – kekurangan  baik teknis penulisan maupun materi, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun  dari semua pihak sangat di harapkan demi penyempurnaan penyusunan makalah ini.
Demikian makalah ini di buat buat semoga bermanfaat bagi  pembaca.


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.....................................................................................................
DAFTAR ISI...................................................................................................................
BAB 1 PEMBAHASAN
A.     Kebijakan dan Kekejaman VOC.........................................................................
B.     Berakhirnya kekuasaan VOC
BAB II PENUTUP..........................................................................................................



BAB I
PEMBAHASAN


A. Kebijakan dan Kekejaman VOC
J.P. Coen adalah gubernur jendral yang sangat bernafsu untuk memaksakan monopoli. Ia juga dikenal sebagai peletak dasar penjajahan VOC di Indonesia. Disertai sikap yang congkak dan kejam , J.P. Coen berusaha meingkatkan eksploitasi kekayaan bumi Nusantara. Cara-cara VOC untuk meningkatkaan eksploitasi alam antara lain :

1. Merebut pasaran produksi pertanian, biasanya dengan memaksakan monopoli, seperti monopoli rempah-rempah di Maluku.
2. Tidak ikut aktif secara langsung dalam produksi hasil pertanian. Cara memproduksi dibiarkan berda ditangan kaum pribumi, sedangkan VOC tinggal mengambil hasilnya dengan cara dipaksa.
3. VOC sementara hanya menduduki tempat yang strategis.
4. VOC melakukan campur tangan terhadap kerajaan-kerajaan yang ada di Nusantara.
5. Lembaga-lembaga pemerintahan tetap dipertahankan dengan harapan dapat dipengaruhi.
    
Setelah berhasil membangun Batavia dan meletakkan dasar-dasar penjajahan di Nusantara, J.P.Coen kembali ke Belanda. Hingga pada tahun 1627 ia kembali lagi ke Nusantara dan diangkat lagi menjadi gubernur jendral. VOC semakin serakah untuk menguasai nusantra yang kaya rempah-rempah. Tindakan intervensi politik dilakukan di kerajaan-kerajaan. Politikdevide et imepera juga dilaksankan.


Adapun kebijakan-kebijakan yang ditetapkan antara lain :
1. Sistem tanam paksa
2. Kerja paksa rodi

B. VOC Mengalami Kebangkrutan
Pada abad ke 17 sampai abad ke 18 VOC mengalami puncak kejayaan, namun pada tahun 1749 terjadi perubahan yang mendasar dalam lembaga kepengurusan VOC. Hal ini dikarenkan perlamen Belanda mengeluarkan UU yang menetapkan bahwa Raja Willem sebagai penguasa tertinggi VOC. Raja juga menjadi panglima tertinggi VOC. Dengan demikian VOC berada di bawah kekuasaan raja. Pengurus VOC mulai akrab dengan pemrintah Belanda, dan para pemegang saham akhirnya terabaikan. Pengurus tidak berpikir untuk memajukan usaha namun hanya memperkaya diri. VOC sebagai kongsi dagang keuntungannya semakin merosot.


VOC juga tercatat tidak mampu membayar deviden. Kas VOC juga meroso tajam karena serangkaian perang yang telah dilakukan VOC dan beban hutangpun tidak terelakkan.
      
Selain hal-hal tersebut, para pejabat VOC semakin banyak yang melakukan korupsi. Beban hutang VOC pun semakin berat, hingga akhirnya VOC sendiri bangkrut. VOC dinyatakan dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799.




BAB II
PENUTUP

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai materi yang menjadi bahasan dalam makalah ini, tentunya banyak kekurangan dan kelemahan kerena terbatasnya pengetahuan, kurangnya rujukan atau referensi yang kami peroleh hubungannya dengan makalah ini. Penulis banyak berharap kepada para pembaca untuk memberikan kritik dan saran kepada kami demi sempurnanya makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan para pembaca khususnya pada penulis.
download makalah nya disini!




Demikianlah Info postingan berita kebijakan kebijakan voc di nusantara dan berakhirnya kekuasaan voc

terbaru yang sangat heboh ini kebijakan kebijakan voc di nusantara dan berakhirnya kekuasaan voc, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian info artikel kali ini.

Anda sedang membaca posting tentang kebijakan kebijakan voc di nusantara dan berakhirnya kekuasaan voc dan berita ini url permalinknya adalah https://indodongeng.blogspot.com/2017/09/kebijakan-kebijakan-voc-di-nusantara.html Semoga info lowongan ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: