KEISTIMEWAAN REOG PONOROGO

KEISTIMEWAAN REOG PONOROGO - Hallo semuanya Pembaca Berita, Pada postingan berita kali ini yang berjudul KEISTIMEWAAN REOG PONOROGO, telah di posting di blog ini dengan lengkap dari awal lagi sampai akhir. mudah-mudahan berita ini dapat membantu anda semuanya. Baiklah, ini dia berita terbaru nya.

Judul Posting : KEISTIMEWAAN REOG PONOROGO
Link : KEISTIMEWAAN REOG PONOROGO
Abstrak

Reog ponorogo sampai saat ini telah mengalami beberapa perubahan dan pembaharuan. Tokoh utama dalam reog adalah warok, seseorang yang sudah banyak wewarah. Seorang warok harus bisa memberi manfaat bagi siapapun. Pertunjukan reog menampilkan topeng berbentuk kepala singa yang dikenal sebagai "Singa Barong" yaitu raja hutan, yang menjadi simbol untuk Kertabumi, dan diatasnya ditancapkan bulu-bulu merak hingga menyerupai kipas raksasa yang menyimbolkan pengaruh kuat para rekan Cina yang mengatur dari atas segala gerak-geriknya. Reog identik dengan masalah dunia mistik dan magis Jawa. Reog muncul ketika Ponorogo sedang dalam keadaan sedang mengalami kekacauan sehingga reog pun sengaja diciptakan untuk mengatasi situasi tersebut.


Kata Kunci reog, Ponorogo, istimewa


A. Pendahuluan

Reog ponorogo adalah sebuah kesenian yang berasal dari daerah Ponorogo, Jawa Timur. keberadaannya hanya muncul dalam acara hari keagamaan dan hajatan. Reog menjadi kesenian tradisional yang masih bertahan sampai saat ini bahkan sudah meluas ke mancanegara. Perkembangan reog saat inipun juga mengalami perkembangan terutama dalam tatanan musik maupun tariannya. Namun, pemerintah Indonesia kurang menghargai reog ponorogo maka pada tahun 2007 terjadi kasus klaim reog ponorogo atas Malaysia.





B. Reog Ponorogo

Awal mula reog pun menurut sejarah diciptakan oleh Ki Ageng Kutuun menyindir Bhre Kertabumi, raja Majapahit. yang takut dan tunduk pada selirnya. Ada juga asal usulnya dihubung-hubungkan dengan cerita Panji, yaitu perkawinan antara putera dari kerajaan Jenggala dan puteri dari Kendiri. Maka reog sampai saat ini masih eksis di Ponorogo. Reog ponorogo sampai saat ini telah mengalami beberapa perubahan dan pembaharuan. Contohnya, reog dulu hanya memakai satu kenong tetapi sekarang memakai dua kenong Iringan gamelan reog pun berkembang dan demikian gaya reog yang sekarang dinamakan gaya potrojayan.



Warok adalah seseorang yang sudah banyak wewarah. dan reog tidak bisa lepas dari warok. kaduanya saling berkaitan satu sama lain. Dan syarat untuk menjadi warok pun sangat berat. Seorang warok harus bisa memberi manfaat bagi siapapun. Banyak wisatawan mancanegara yang merekam reog dengan seksama untuk kenang-kenangan. Bagi orang ponorogo mungkin melihat reog biasa tapi sebetulnya pada saat pertunjukan reog dimulai hampir 80% masyarakat ponorogo berbondong-bondon ke alun alun untuk melihat acara tahunan.



Pertunjukan reog menampilkan topeng berbentuk kepala singa yang dikenal sebagai "Singa Barong" yaitu raja hutan, yang menjadi simbol untuk Kertabumi, dan diatasnya ditancapkan bulu-bulu merak hingga menyerupai kipas raksasa yang menyimbolkan pengaruh kuat para rekan Cina yang mengatur dari atas segala gerak-geriknya. Kelompok penari gemblak memerankan diri sebagai Jatilan yang menunggangi kuda-kudaan sebagai symbol kekuatan pasukan kerajaan Majapahot yang kontras dengan kekuatan Warok. Ki Ageng Kutu disimbolkan dengan topeng badut berwarna merah. Ia menopang topeng singa barong yang beratnya lebih dari 50kg menggunakan giginya. Seluruh tariannya merupakan tarian perang antara Kerajaan Kediri dan Kerajaan Ponorogo, Dan mengadu ilmu hitam antara keduanya, para penari dalam keadaan 'kerasukan' saat mementaskan tariannya.



Hingga sekarang, masyarakat di Ponorogo hanya mengikuti apa yang diwariskan oleh leluhur mereka. Seni reog merupakan cipta kreasi manusia yang mencerminkan adanya aliran kepercayaan yang secara turun temurun dan terjaga. Upacaranya pun menggunakan syarat-syarat yang tidak mudah bagi orang awam untuk memenuhinya tanpa adanya garis keturunan yang jelas. mereka menganut garis keturunan Parental dan hukum adat yang masih berlaku.







C. Fakta-fakta yang berhubungan erat dengan reog ponorogo

Fungsi reog adalah sebagai pengembangan subkultur budaya Ponorogo. Reog pun identik dengan masalah dunia mistik dan magis Jawa. Reog juga diposisikan sebagai symbol animisme dan dinamisme yang komplit. Terjadinya kerasukan pada pertunjukan reog dianggap suatu kecelakaan spiritualis karena memang tidak diinginkan, pemain sebenarnya harus dalam kondisi sesadar-sadarnya karena reog ponorogo hanya untuk hiburan semata.



D. Faktor pendukung lahir dan berkembangnya reog di Ponorogo

Reog lahir karena Ponorogo sangat menjunjung tinggi gotong royong dan memiliki karakter terbuka, karena Ponorogo secara geografis tergolong daerah sulit. Ponorogo jauh dari pusat kebudayaan Jawa sehingga menyebabkan tumbuhnya rasa merdeka yang kuat. Masyarakat di Ponorogo pun sangat cinta terhadap alam dan mewujudkan kecintaannya dengan simbol-simbol binatang, pohon atau perilaku tertentu yang dituangkan ke dalam reog ponorogo.



E. Mitos berdasarkan tradisi atau upacara adat

Menurut pendapat sebagian budayawan, reog muncul sebagai tradisi upacara pada zaman kepercayaan terhadap animisme dan dinamisme, yaitu roh hewan yang telah mati dapat dipanggil kembali dengan menggunakan konsep tetonisme, yang dipercaya dapat memberi keselamatan dan kekuatan pada komunitas tertentu, Pada zaman itu roh harimau dianggap sebagai roh yang terkuat.



F. Mitos berdasarkan asal kata

Reog/reyog berasal dari kata rog = reg = yog, bisa menjadi erog, herog, erog-erog asem. Reg bisa menjadi horeg, yog bisa menjadi hoyog. Melihat asal kata tersebut, diduga reog muncul ketika Ponorogo sedang dalam keadaan tidak tenang atau sedang mengalami kekacauan sehingga reog pun sengaja diciptakan untuk mengatasi situasi tersebut.



G. Aspek religi dalam reog ponorogo

Warok berasal dari kata wara’ah yang merupakan seorang zahid atau sufi yaitu seorang yang mistisme ataupun tasawuf. Warok sebagai pemimpin yang kuat dan juga sebagai pemangsa kejam, penyeleweng seksual dan penjahat yang ditakuti. Oknum yang menjadi warok pun harus menempuh beberapa kegiatan spiritual, tentunya tidak boleh bertemu wanita selama kurun waktu tertentu. Penghindaran seksualitas sosok warok pun selalu identik dengan sosok gemblak yaitu anak laki-laki yang lembut, memiliki penampilan kewanita-wanitaan, berusia 8-20 tahun. Gemblak pun berfungsi sebagai simbol dari kelompok, simbol kekuatan dan kekuasaan warok juga melaksanakan tugas seorang warok yang tidak banyak mempergunakan tenaga, seperti: melayani makan dan menemani warok kemana pun warok pergi. Hal ini oleh sebagian kalangan dipersepsikan sebagai homoseksual.



H. Kasus pengklaiman reog ponorogo atas Malaysia

Pada tahun 2007, masyarakat Indonesia digemparkan dengan situs dan iklan dari promosi bidang pariwisata Negara Malaysia. Di dalam promosi tersebut terdapat kesenian tari yang sangat mirip dengan reog ponorogo. Namun di Malaysia, tarian tersebut dinamakan tari barongan dan memiliki unsure Islam. Tarian ini menggunakan topeng dadak merah, yaitu topeng berkepala harimau yang diatasnya memiliki bulu-bulu merak. Pihak Malaysia pun tidak merasa mencuri reog ponorogo dari Indoensia karena menurut pihak Malaysia, tari barongan adalah warisan masyarakat keturunan Jawa yang banyak teradapat di Batu Pahat, Johor dan Selangor.



I. Simpulan

Reog ponorogo adalah kesenian tari yang berasal dari Ponorogo yang mengkolaborasikan aspek estetika dengan aspek religi. Reog ponorogo sangat mencerminkan nilai gotong royong. Dengan adanya kasus pengklaiman reog ponorogo atas Malaysia, pemerintah Indonesia menjadi lebih memperhatikan kesenian-kesenian Indonesia yang sebelumnya kurang dilestarikan. Generasi muda Indonesia pun dapat membantu pemerintah dalam melestarikan keseniannya dengan cara mementaskan reog ponorogo atau kesenian-kesenian lainnya dalam berbagai acara.



J. Daftar pustaka

---[Client] Reog Ponorogo dan Warok. Tersedia: http://info.indotoplist.com/?YldWdWRUMWtaWFJoYVd3bWFXNW1iMTlwWkQweU5qWT0=



Bimbung..2012,Filosofi, sejarah dan aspek religious. Tersedia: http://bimbungglimbangglimbung.blogspot.com/2012/03/filosofi-sejarah-dan-aspek-religius.html (12 Maret 2012)



M. B. Rahimsyah, dkk. 1990. Asal Usul Reog Ponorogo. Karya Anda.


Demikianlah Info postingan berita KEISTIMEWAAN REOG PONOROGO

terbaru yang sangat heboh ini KEISTIMEWAAN REOG PONOROGO, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian info artikel kali ini.

Anda sedang membaca posting tentang KEISTIMEWAAN REOG PONOROGO dan berita ini url permalinknya adalah https://indodongeng.blogspot.com/2013/12/keistimewaan-reog-ponorogo.html Semoga info lowongan ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: