Menak Sarehas

Menak Sarehas - Hallo semuanya Pembaca Berita, Pada postingan berita kali ini yang berjudul Menak Sarehas, telah di posting di blog ini dengan lengkap dari awal lagi sampai akhir. mudah-mudahan berita ini dapat membantu anda semuanya. Baiklah, ini dia berita terbaru nya.

Judul Posting : Menak Sarehas
Link : Menak Sarehas
SAREHAS, raja Mediyan, karena ingin memperoleh kesaktian ia bertapa di dasar laut. Karena ketekunannya, datang Nabi Kilir menemuinya dan menganugerahi kulit kayu yang berkhasiat dapat menjadikan orang bijaksana dan mengerti bahasa segala mahkluk hidup. Oleh Prabu Sarehas, kulit tersebut diberikan kepada Ki Nimdahu, juru masak Istana agar diolah menjadi kue apem.

Sesuatu yang tak terduga terjadi. Setelah apem masak, langsung dimakan oleh Lukmanakim, anak Nimdahu. Sedangkan Prabu Sarehas diberi kue apem biasa. Karena itu setelah makan apem, Prabu Sarehas tetap saja seperti semula, tidak memiliki kesaktian apapun. Sebaliknya Lukmanakim kemudian menjadi orang bijaksana dan mengerti bahasa segala makhluk hidup.

Lukmanakim kemudian mendapat berbagai ilmu dari raja jin, yang ditulisnya hingga menjadi kitab yang dinamakan Adam Makna. Di antara khasiat ilmunya ia dapat menghidupkan orang mati dan menjadikan muda orang tua. Kemudian kitab itu yang dua pertiga bagian direbut Jabarail, sepertiga bagian dibuang jatuh ke laut, sepertiga bagian lagi dilemparkan dan jatuh di negara Ngajrak, diterima oleh Asanasil.

Beberapa tahun kemudian, Lukmanakim meninggal. Ia mempunyai seorang putra bernama Bektijamal. Tak lama kemudian, Prabu Sarehas juga meninggal dunia, dan digantikan oleh putranya Kobatsah. Sedangkan patihnya, Abujantir digantikan oleh Aklaswajir. Bekti Jamal mempunyai seorang putra, bernama Betaljemur. Ia itulah yang menerima warisan sisa kitab Adam Makna setelah Bektijamal mati dibunuh Patih Aklaswajir karena berebut harta karun, sehingga Betaljamal menjadi orang yang pandai lagi bijaksana.






Patih Aklaswajir berputra tiga orang, dua putri dan seorang putra lelaki yang diberi nama Bestak. Putri yang sulung diperistri putra raja Ngabesi, sedangkan adiknya menjadi istri Betaljemur. Beberapa tahun kemudian ketika Raja Kobatsah meninggal, Yayi putranya menggantikannya menjadi raja Medayin dan bergelar Prabu Nusirwan. Bestak diangkat sebagai patihnya, sedangkan Betaljemur dijadikan penasehat negara Medayin.






Catatan :






Cerita menak semula bersumber dari kitab Qissai Emr Hamza, sebuah kesusasteraan Persia pada zaman pemerintahan Sultan Harun Al Rasyid (766-809). Di daerah Melayu kitab tersebut lebih dikenal dengan nama Hikayat Amir Hamzah.






Berdasarkan hikayat itulah yang dipadu dengan cerita Panji, akhirnya lahir cerita Menak. Dalam cerita ini nama-nama tokohnya disesuaikan dengan nama Jawa, antara lain Omar bin Omayya menjadi Umarmaya, Qobat Shehriar menjadi Kobat Sarehas, Badi’ul Zaman menjadi Iman Suwongso, Mihrninggar menjadi Dewi Retna Muninggar, Qoraishi menjadi Dewi Kuraisin, Unekir menjadi Dewi Adaninggar dan lain-lain.






Pada garis besarnya, cerita Menak mengisahkan permusuhan Amir Ambyah (Wong Agung Jayengrana) dari Mekah dengan raja Nusirwan, mertuanya dari Medayin yang masih kafir. Raja Nusirwan yang tidak mau tunduk, selalu berusaha mencari bantuan dan perlindungan dari negara-negara lain yang rajanya bersedia memusuhi Amir Ambyah. Hingga terjadilah peperangan yang berkepanjangan.





Setelah tak ada lagi negara yang perlu ditaklukkan, Amir Ambyah kembali ke Medinah dan bertemu dengan Nabi Muhammad. Ia berganti syariat dari syariat Nabi Ibrahim ke syariat Nabi Muhammad. Ketika Medinah diserang pasukan Medayin yang bersekutu dengan pasukan Lakat dan Jenggi, Amir Ambyah maju ke medan perang. Ia gugur di medan perang sebagai prajurit Allah.


Demikianlah Info postingan berita Menak Sarehas

terbaru yang sangat heboh ini Menak Sarehas, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian info artikel kali ini.

Anda sedang membaca posting tentang Menak Sarehas dan berita ini url permalinknya adalah https://indodongeng.blogspot.com/2013/11/menak-sarehas.html Semoga info lowongan ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: