Gu Long - Jin Yong - Liang Yusheng

Gu Long - Jin Yong - Liang Yusheng - Hallo semuanya Pembaca Berita, Pada postingan berita kali ini yang berjudul Gu Long - Jin Yong - Liang Yusheng, telah di posting di blog ini dengan lengkap dari awal lagi sampai akhir. mudah-mudahan berita ini dapat membantu anda semuanya. Baiklah, ini dia berita terbaru nya.

Judul Posting : Gu Long - Jin Yong - Liang Yusheng
Link : Gu Long - Jin Yong - Liang Yusheng
Gu Long

Gu Long, yang memiliki nama asli Xiong Yaohu (1937-1985), merupakan penulis cerita silat terpopuler di Taiwan. Keluarganya berasal dari propinsi Jiangxi, China, dan Gu Long lahir di Hong Kong pada tahun 1937. Pada saat berumur 13 tahun, ia pindah ke Taiwan bersama kedua orangtuanya, yang bercerai tidak lama setelah itu.

Pada masa awal hidupnya di Taiwan, Gu Long tinggal di sebuah kota tua bernama Ruifang di pinggir kota Taipei, dan mengambil studi di jurusan Inggris sebuah akademi terkemuka Tamkang English Junior College (sekarang bernama Universitas Tamkang). Tidak seperti kebanyakan orang yang berusaha keras menyelesaikan studinya agar dapat bekerja di kota besar, Gu Long tidak menyelesaikan studinya dan malah kembali ke kota kecilnya untuk menjalani kehidupan tenang dan mewujudkan impian hidupnya: mengarang buku.

Gu Long mulai menulis novel di usia 11 tahun dan memperoleh royalti tulisannya yang pertama di usia 19 tahun. Tema utama novel dan prosanya pada awalnya adalah cinta, namun namanya baru melambung dan dikenal orang saat teman-temannya mendorongnya untuk menulis novel cerita silat. Pada awal tahun 60-an Gu Long, di usianya yang ke-23, berkonsentrasi penuh menulis cerita silat. Kisah cinta dalam novel-novel silatnya begitu realistis, mungkin karena pengalamannya sekian tahun menulis kisah cinta, dan gaya penulisannya begitu unik dan orisinil.

Karir Menulis

Karya Gu Long muncul pada waktu yang tepat saat novel cerita silat sedang digemari baik di Taiwan maupun di Hong Kong. Karir menulisnya yang berlangsung lebih dari 20 tahun secara kronologis dapat dibagi ke dalam 3 periode utama. Karya-karyanya yang ditulis pada periode pertama, seperti Cangqiong Shen Jian dan Piao Xiang Jian Yu, tidak berbeda dengan karya-karya novelis-novelis umum lainnya.

Pada periode yang kedua barulah Gu Long mengekspresikan gayanya yang khas dan unik serta pemikirannya yang dalam. Karyanya seperti Da Qi Yingxiong Zhuan dan Juedai Xuang Jian (Pendekar Binal/The Remarkable Twins) telah mampu menempatkan dirinya sejajar dengan tiga novelis utama Taiwan, Zhu Qingyun, Wo Longsheng, dan Si Maling; mereka berempat disebut dengan “The Four Masters of Taiwan”. Setelah itu muncullah karya-karyanya yang paling terkenal, seperti Chu Liu Xiang (Pendekar Pencabut Nyawa) dan Duoqing Jianke Wuqing Jian (Pendekar Budiman/Romantic Swordsman). Cerita Chu Liu Xiang yang menggabungkan cerita silat, detektif, dan tema cinta, begitu mempesona dan diakui sebagai kisah Sherlock Holmes-nya Asia.

Meski Gu Long tidak pernah berhenti menemukan ide-ide baru untuk menghibur para pembacanya, cerita-cerita yang dibuatnya di periode yang terakhir dalam perjalanan karirnya tidak disambut sebaik buku-buku yang ia tulis sebelumnya. Setelah tahun 1975 karyanya menjadi semakin buruk, dan gayanya telah banyak ditiru oleh para penulis pendatang baru. Saat gayanya memudar, kejayaan novel-novel cerita silat pun turut surut bersamanya.



Sebuah Pribadi yang Kontroversial
Gu Long merupakan seorang yang berkepribadian unik dan kontroversial. Ia hanya mau berbicara dengan mereka yang dikenalnya dengan baik. Ia selalu memulai penulisannya dengan memotong kukunya terlebih dahulu (temannya menjelaskan bahwa sesungguhnya Gu Long menggunakan waktu tersebut untuk menyusun dalam benaknya alur cerita yang akan ditulisnya). Ia kadang duduk dan berbaring di atas sebuah papan tulis, karena percaya dengan melakukan itu inspirasi akan mengalir memasukinya.



Gu Long sangat suka minum alkohol dan merupakan seorang perokok berat. Ia dapat menghabiskan rata-rata 2 bungkus rokok dalam semalam penyusunan novelnya. Ia juga memiliki reputasi yang buruk di mata penerbit-penerbit, karena ia meminta pembayaran royalti yang tinggi di muka kepada penerbitnya, namun kemudian gagal menyelesaikan novelnya sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan. Akan tetapi penerbit-penerbitnya tersebut menerima saja dari waktu ke waktu, karena mereka takut kehilangan Angsa Emas mereka tersebut.

Kisah Cinta

Kesempurnaan hidup di mata Gu Long terdiri dari pena, alkohol, dan wanita cantik. Ia menikah 2 kali dan keduanya berakhir dengan perceraian. Dari ke-2 pernikahannya itu ia dikaruniai 3 orang putra dan sebuah luka batin yang mendalam. Kegagalannya dalam membina keluarga mungkin dapat dikatakan karena sifatnya yang suka berfoya-foya.

Namun meski gagal dalam 2 pernikahannya tersebut, Gu Long tidak pernah kekurangan wanita cantik dalam hidupnya. Dunia literatur pada waktu itu begitu penasaran mengapa seorang Gu Long yang tampangnya biasa-biasa saja dapat memikat begitu banyak wanita cantik. Sebagian mengatakan bahwa itu dikarenakan kekayaannya, namun Ding Qing murid dari Gu Long, yang mengenalnya dengan baik, mengatakan bahwa karisma Gu Long ada dalam kesepiannya – dan itulah yang telah memikat begitu banyak wanita cantik.

Wanita-wanita yang mengenal Gu Long mengerti bahwa ia adalah seorang laki-laki kesepian yang mengejar hal-hal yang baru karena hatinya yang penuh dengan kesepian. Karenanya, Gu Long telah mencintai banyak wanita, namun tidak ada satu hubungan pun di antaranya yang berlangsung lama.



Meski Gu Long tidak dapat hidup tanpa teman wanita, ia seringkali mengabaikan wanita yang dicintainya untuk bisa bersama-sama dengan teman-temannya. Sikapnya ini, yang menganggap teman wanita mudah dicari namun sahabat baik sulit untuk ditemukan, telah menimbulkan kebencian di hati teman-teman wanitanya, begitu juga sikapnya yang menganggap hidup ini dengan tidak serius. Akibatnya ke-2 wanita yang menceraikannya dan wanita-wanita lain yang pernah dekat dengannya semua berakhir dengan tidak pernah dapat mengampuni sikapnya itu.

Gu Long sebenarnya ingin mengubah cara hidupnya, namun ia tidak mampu. Ia tidak ingin orang lain seperti dirinya. Ia sadar betapa banyak hutang cinta yang dimilikinya.



Kehidupannya yang Singkat

Gu Long menjadi termasyur di usia muda, namun ia juga meninggal di usianya yang masih muda, pada umur 48 tahun, tanggal 21 September 1985. Ia mati karena alkohol. Alkohol telah menjadi sahabatnya melewati masa susah dan senangnya, namun juga telah menjadi penyebab kerusakan hatinya (Gu Long mengidap sakit pengerasan di hatinya/hepatocirrhosis).



Pada tanggal 21 September 1985 Gu Long jatuh koma, dan kata-kata terakhirnya adalah: “Mengapa tidak ada salah seorang teman-teman wanitaku yang datang mengunjungi aku?” Malam itu pukul 6:06pm, di rumah sakit Tri-service Taipei, Gu Long mengakhiri penjalanan hidupnya, meninggalkan lingkaran karya tulisnya dan dunia ini untuk selamanya.

Para penggemar karya-karyanya terkejut dengan berita tersebut. Teman-teman baiknya menitikkan air mata di depan batu nisannya, tidak mempercayai kepergian Gu Long yang begitu cepat tersebut. Namun, hampir tidak ada seorang pun sanak-saudara, termasuk wanita-wanita yang pernah pernah satu waktu dekat dengannya, hadir pada acara penguburannya.

Para profesional menulis untuk mengungkapkan penyesalan mereka akan perginya Gu Long: Ngai Hong berkata, orang menggunakan Jin Yong sebagai panutan sebelum munculnya novel-novel Gu Long. Hanya Gu Long yang dapat mendobrak keteladanan Jin Yong tersebut dan menciptakan sebuah gaya yang baru. Insan televisi dan dunia film berkomentar bahwa karya Gu Long merupakan sebuah terobosan dalam sejarah novel-novel cerita silat.

Gu Long tidaklah mati, karena karya-karyanya akan tetap bersama dengan kita, teristimewa kreativitasnya yang telah memberi kita cara berpikir yang baru.


Karya-karyanya :

1960> Cangqiong Shen Jian / Divine Sky Sword

1960> Yue Yi Xing Xei / Eerie Moon and Evil Star

1960> Jian Qi Shu Xiang / The Aura of the Sword and the Fragrance of the Book (Bagian kedua ditulis oleh Mo Yusheng)

1960> Xiang Fei Jian / Lady Xiang's Sword

1960> Jian Du Mei Xiang / The Poisonous Sword and the Fragrant Plum Blossom (Kebanyakan ditulis oleh Shangguan Ding)

1960> Guxing Zhuan / The Lonestar Swordsman

1961> Shi Hun Yin / The Story of the Lost Soul

1961> You Xia Lu / The Tale of a Wandering Swordsman

1962> Hu Hua Ling / Flower-Guarding Bell / Amanat Marga

1962> Cai Huan Qu / Tune of the Colourful Ring

1962> Can Jin Que Yu / Broken Gold and Incomplete Jade

1963> Piao Xiang Jian Yu / Lingering Fragrance in the Rain of Sword

1963> Jian Xuan Lu / The Tale of a Remarkable Sword

1963> Jianke Xing / The Journey of a Swordsman

1964> Huan Hua Xi Jian Lu / The Tale of Refining the Sword Like Cleansing the Flower / Misteri Kapal Layar Panca Warna

1964> Qingren Jian / The Lover's Sword

1965> Da Qi YingXiong Zhuan (Tie Xie Da Qi) / The Legend of the Passionate Daqi Hero

1965> Wulin Wai Shi / A Fanciful Tale of the Fighting World / Pendekar Baja

1966> Ming Jian Fengliu / A Graceful Swordsman / Renjana Pendekar (Bagian penutupnya ditulis oleh Qiao Qi)

1967> Jueidai Xuang Jian / The Remarkable Twins / Pendekar Binal

?> Chu LiuXiang Chuanqi / The Legend of Chu LiuXiang / Pendekar Pencabut Nyawa

1968> Xie Hai Piao Xiang / Lingering Fragrance in the Sea of Blood / Maling Romantis

1969> Da Shamo / The Great Desert / Rahasia Ciok Kwan Im

1970> Huamei Niao / The Thrush / Peristiwa Burung Kenari

?> Chu Liu Xiang / Sequel to Chu Liu Xiang

1970> Gui Lian Xia Qing / The Love Story of A Ghost and a Swordsman / Pendekar Harum

1970> Duoqing Jianke Wuqing Jian / The Sentimental Swordsman and the Ruthless Sword / Pendekar Budiman Dikenal juga sebagai Little Lee's Flying Dagger/Romantic Swordsman

1971> Bianfu Chuanqi / The Legend of the Bat

1971> Huanle YingXiong / A Merry Hero / Pendekar Riang

1971> Da Renwu / A Big Shot / Tokoh Besar

1972> Taohua Chuanqi / The Legend of the Peach Blossom

1973> Xiao Shiyi Lang / The Legend of the Deer-Carving Sabre / Cinta Kelabu Seorang Pendekar Dikenal juga sebagai Treasure Raiders

1973> Liuxing, Hudie, Jian / Shooting Star, Butterfly, Sword

1974> JiuYue Ying Fe / The Eagle Flying in September / Gadis Boneka

?> Qi Zhong WuQi / Seven Kinds of Weapons

1974> Changsheng Jin / Longevity Sword / Pedang Panjang Umur

1974> Biyu Dao / Jade Sabre / Golok Kemala Hijau

1974> Kongque Ling / Peacock Feather / Badik Merak

1974> Duoqing Huan / Sentimental Ring

1975> Bawang CIANG / King Spear

1975> Tianya, Mingyue, Dao / The End of the World, The Bright Moon, The Sabre / Peristiwa Bulu Merak

1975> Qi Shashou / Seven Assassins

1975> JiAn, Hua, Yianyu, Jiang Nan / Sword, Flower, Misty Rain, South of the Yangzi River

1975> Ciangshou, Shouqiang / The Gunman and the Pistol (cerita pertarungan modern menggunakan pistol)

1975> San Shaoye De Jian / The Sword of the third little master / Pendekar Gelandangan

1976> huopin xiao shiyi lang / the sequel to the deer-carving sabre

1976> Quantou / Fists

1976> Lu XiaoFeng Chuanqi / The Legend of Lu XiaoFeng

1976> Xiuhua Da Dao / The Bandit who did needlework

1976> Juezhen qian hou / Before and after the final duel

1976> Bian Cheng Langzi / The Black Sabre / Peristiwa Merah Salju

1976> Xie Yingwu / The Bloody Parrot

1976> Bai yu laohu / white-jade tiger / harimau kemala putih

1976> dadi fei ying / land of the condors

1977> Yin gou dufang / silver-hook gambling house

1977> youling shanzhuang / phantom manor

1977> yuan yue wan dao / full moon curved sabre / Golok bulan sabit/dewa golok (sebagian besar ditulis oleh sima ziyan)

1977> Bi Xie xi yin ciang / green-blood silver-cleansing spear

1977> fei dao, you jian fe dao / flying knife, flying knife returns (sekuel dari flying dagger atau romantic swordsman)

1978> Xin yue chuanqi / the legend of the new moon

1978> Libie Gou / Parting Hook

1978> Feng wu jiu tian / the phoenix dancing on the ninth level of the heaven / manusia tanpa wujud

1978> Yingxiong wu lei / a hero without tears

1978> qi xing long wang / seven-star dragon king

1979> wuye lanhua / the orchid at midnight

1980> feng ling zhong di dao sheng / the sound of the sabre accompanied by wind chimes (penutupannya ditulis oleh yu donglou)

1981> bai yu diao long / white-jade carved dragon / Lencana pembunuh naga (sebagian besar ditulis oleh zhong suimei)

1981> jian shen yi xiao / the smile of the sword god

1982> nu jian kuang hua / furious sword and mad flowers (sebagian besar ditulis oleh ding qing)

1982> na yi jian de fengqing / the subtle touch of the sword (sebagian besar ditulis oleh ding qing)

1983> bian cheng dao sheng / the sound of the sabre in a border town (sebagian besar ditulis oleh ding qing)

1984> lieying, duju / hunting hawk, gambling game





















Jin Yong

Jin Yong, yang memiliki nama asli Cha Liang Yong atau dikenal sebagai Louis Cha di kalangan internasional, dilahirkan di Zhejian China pada tahun 1924. Dia sebenarnya belajar untuk menjadi seorang diplomat namun malah mengejar karir di bidang jurnalistik. Bosan hanya menulis berita, Jin Yong mulai mencoba menulis resensi film, menulis skenario film, sampai pada akhirnya menulis novel. Menulis novel inilah rupanya kekuatan utama dari Jin Yong.

Novel pertama Jin Yong ditulis pada tahun 1955 dengan judul Pedang dan Kitab Suci (Shu Jian En Chou Lu). Novel ini diterbitkan secara berseri di suratkabar Xin Wan Bao, Hong Kong, dan mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Jin Yong kemudian mendirikan suratkabarnya sendiri, dengan nama harian Ming Pao Daily, dan menerbitkan novel-novelnya secara berkala di suratkabarnya tersebut.

Secara total terdapat 13 novel (12 novel panjang dan 1 novel pendek) dan 2 cerita pendek yang ditulis Jin Yong dalam selang waktu 17 tahun, dari tahun 1955 sampai 1972.



Tahun 1972 Jin Yong menyelesaikan penulisan novelnya yang terakhir, Kaki Tiga Menjangan (Lu Ding Ji), yang telah dimulainya sejak 1969 dan berikrar untuk tidak menulis novel lagi. Sampai hari ini ikrarnya masih tetap dipegang, namun nama besarnya terus hidup.



Karya-karyanya :

1955> Shu Jian En Chou Lu / Pedang dan Kitab Suci

1956> Bi Xue Jian / Pedang Ular Emas

1957> She Diao Ying Xiong Zhuan / Legenda Pendekar Rajawali

1959> Shen Diao Xia Lu / Kembalinya Sang Pendekar Rajawali

1959> Xue Shan Fei Hu / Rase Terbang dari Pegunungan Salju

1960> Fei Hu Wai Zhuan / Si Rase Terbang

1961> Yi Tian Tu Long Ji / Pedang Langit & Golok Naga

1961> Yuan Yang Dao / Sepasang Golok Mustika

1961> Bai Ma Xiao Xi Feng / Kuda Putih Menghimbau Angin Barat

1963> Lian Cheng Que / Pedang Hati Suci

1963> Tian Long Ba Bu / Pendekar-Pendekar dari Negeri Tayli

1965> Xia Ke Xing / Medali Wasiat

1967> Xiao Ao Jiang Hu Hina Kelana

1969> Lu Ding Ji / Kaki Tiga Menjangan

1970> Yue Nu Jian /Pedang Puteri Yue





Liang Yusheng





Liang Yusheng merupakan nama pena Chen Wuntong. Ia lahir di kabupaten Mengshan, propinsi Guangxi. Tumbuh dalam sebuah keluarga yang terkemuka, ia memiliki kesempatan untuk membaca banyak tulisan-tulisan dan puisi-puisi klasik. Ia mengikuti Profesor Jian Youwun mempelajari sejarah di tahun 1943, dan kemudian masuk ke Universitas Lingnan untuk belajar ilmu Ekonomi Internasional. Setelah lulus ia bekerja di surat kabar Sin Wan Bao di Hong Kong, dan tinggal di sana setelah tahun 1949.



Liang Yusheng suka membaca novel-novel keksatriaan sejak ia masih kanak-kanak. Sebagai seorang penulis berbakat yang menaruh minat kepada sejarah dan kesusasteraan, ia telah menulis banyak kolom, kritik, dan esai dibawah berbagai nama seperti Liang Hueru dan Fong Yuning.



Pada tahun 1954 Hong Kong mengadakan sebuah perlombaan untuk umum menampilkan dua sekolah silat terpandang, Taiji dan Baihe. Seluruh kota sangat bergairah dan menantikannya. Surat kabar, Sin Wan Bao, sehubungan dengan itu mendorong Liang Yusheng untuk menulis sebuah serial silat untuk menghibur para pembacanya. Liang Yusheng pun mulai menulis novel pertamanya yang diberi judul Longhu Dou Jinghua, yang sangat sukses di pasaran. Ia pun terus menulis dan menjadi terkenal. Dari tahun 1954 sampai 1984 ia telah menghasilkan 36 buah buku. Liang Yusheng diakui sebagai penulis cerita silat Hong Kong yang paling berpengaruh sama seperti reputasi yang dimiliki Jin Yong.



Biasanya Liang Yusheng mengawali novel-novelnya dengan sebuah puisi. Tokoh utama dalam novel-novelnya serba bisa dan tertarik kepada kesusasteraan. Menggabungkan kejadiaan-kejadian sejarah dengan kisah-kisah fiksi juga merupakan gaya Liang Yusheng. Ia tidak memandang Shaolin dan Wudang sebagai partai silat utama seperti yang dilakukan penulis-penulis cerita silat lainnya, sebaliknya ia memuja Partai Tianshan sebagai partai silat yang terutama.



Tiga buah novel karyanya yang ia sendiri paling sukai adalah Pingzong Siaying Lu, Nyudi Ciying Jhuan, dan Yunhai Yugong Yuan.



Karya-karyanya:



1954> Long Hu Dou Jing / Thay Kek Kie Hiap Toan I / Lelakonnja Dua Saudara Seperguruan Golongan Thay Kek Pay

1954> Cao Mang Long She Zhuan / Thay Kek Kie Hiap Toan II / Lelakonnja Dua Saudara Seperguruan Golongan Thay Kek Pay

1956> Qi Jian Xia Tian Shan / Tjhit Kiam Hee Thian San / Tujuh Jago Pedang Dari Thian San

1957> Bai Fa Mo Nu Zhuan / Giok Lo Sat - Pek Hoat Mo Lie / Wanita gagah perkasa - Hantu Wanita Berambut Putih

1957> Sai Wai Qi Xia Zhuan / Tjauw Guan Eng Hiong Toan / Pahlawan-pahlawan dari Padang Rumput

1957> Jiang Hu San Nu Xia / Kang Ouw Sam Lie Hiap / Tiga Dara Pendekar

1959> Huan Jian Qi Qing Lu / Hoan Kiam Kie Tjeng / Sebilah Pedang Mustika

1959> Ping Zong Xia Ying Lu / Peng Tjong Hiap Eng / Antara Dendam Hati dan Tjinta Kasih / Pahala dan Murka

1959> Bing Chuan Tian Nu Zhuan / Peng Tjoan Thian Lie / Bidadari dari Sungai Es

1960> San Hua Nu Xia / San Hoa Lie Hiap / Pendekar Wanita Penyebar Bunga

1960> Hong Xian Nu Xia Zhuan

1960> Jin Ying Jian

1961> Nu Di Qi Ying Zhuan / Lie Tee Kie Eng / Pendekar Aneh

1961> Lian Jian Feng Yun Lu / Lian Kiam Hong In / Kisah Pedang Bersatu Padu

1961> Yun Hai Yu Gong Yuan / Yin Han Giok Kong Lu / Perjodohan Busur Kemala 1962> Bing Po Han Guang Jian / Peng Pok Han Kong Kiam / Pedang Inti Es

1963> Bing He Xi Jian Lu Peng Ho Swi Kiam Pedang di Sungai Es

1965> Feng Lei Zhen Jiu Zhou Hong Lui Tjin Kiu Tjiu Geger Dunia Persilatan 19.

1967> Xia Gu Dan Xin / Hiat Kut Thian Sin / Pendekar Jembel

1963> Da Tang You Xia Zhuan / Tay Tong Yoe Hiap Toan / Kisah Bangsa Petualang

1964> Long Feng Bao Chai Yuan / Liong Hong Poo Tjee Yan / Tusuk Konde Pusaka

1964> Tiao Deng Kan Jian Lu / Pendekar Latah

1966> Hui Jian Xin Mo / Hui Kiam Sim Mo / Jiwa Ksatria

? Fei Feng Qian Long / Hoei Hong Tjiam Liong / Musuh di balik Selimut

1968 Han Hai Xiong Feng / Han Hay Hiong Hong / Pahlawan Gurun

1968 Ming Di Feng Yun Lu / Pendekar Sejati

1969 You Jian Jiang Hu / Kelana Buana

1970 Feng Yun Lei Dian

1972 Guang Ling Jian

1972 Mu Ye Liu Xing / Patriot Padang Rumput

1972 Wu Lin San Jue

1975 Jue Sai Zhuan Feng Lu / Durjana dan Ksatria

1977 Tan Zhi Jing Lei / Taruna Pendekar

1980 Wu Dang Yi Jian / Bu Tong It Kiam

1984 Kuang Xia, Tian Jiao, Mo Nu / Bong Hiap, Thian Kiauw Mo Lie / Pendekar Gila, Tiga Tokoh Naga Sakti

1984 Wu Lin Tian Jiao

? Jian Wang Chen Si

? Huan Jian Ling Qi


Demikianlah Info postingan berita Gu Long - Jin Yong - Liang Yusheng

terbaru yang sangat heboh ini Gu Long - Jin Yong - Liang Yusheng, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian info artikel kali ini.

Anda sedang membaca posting tentang Gu Long - Jin Yong - Liang Yusheng dan berita ini url permalinknya adalah https://indodongeng.blogspot.com/2013/11/gu-long-jin-yong-liang-yusheng.html Semoga info lowongan ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: