Hutan Donoloyo

Hutan Donoloyo - Hallo semuanya Pembaca Berita, Pada postingan berita kali ini yang berjudul Hutan Donoloyo , telah di posting di blog ini dengan lengkap dari awal lagi sampai akhir. mudah-mudahan berita ini dapat membantu anda semuanya. Baiklah, ini dia berita terbaru nya.

Judul Posting : Hutan Donoloyo
Link : Hutan Donoloyo
Hutan Donoloyo
Sejak Zaman dahulu, Donoloyo adalah sebuah hutan jati yang subur di Jawa Tengah. Banyak sekali burung betet dan ayam hutan yang cantik tinggal di sana. Para penduduk di sekitarnya mencari kayu Bakar dari ranting-ranting kering yang berjatuhan. Mereka hidup cukup makmur karena hasil sawah cukup melimpah.

Hingga suatu hari, datanglah Pak Bringgo, seorang pengusaha kayu dari kota. Pak Bringgo membujuk para warga untuk menebang pohon dari hutan. Semula warga menolak. Tetapi, seorang warga yang bernama Tanto bersedia karena Pak Bringgo berani membayar mahal untuk satu batang pohon yang ditebang.

Melihat Tanto mendadak kaya dari hasil menebang pohon di hutan, warga pun akhirnya tergoda. Mereka mendatangi Pak Bringgo untuk ikut menebang hutan.

"Kalian boleh menebang pohon sebanyak mungkin. Aku akan membayarnya mahal," kata Pak Bringgo.

"Sungguh, Pak? Mulai besok kami akan menebang pohon untuk Bapak.

"Bukan itu saja. Kalau kalian menangkap ayam hutan dan burung betet, saya juga akan membelinya dengan harga mahal," lanjut Pak Bringgo.

Warga pun senang mendengarnya. Akhirnya mereka beramai-ramai menebang hutan, menangkap burung betet dan ayam hutan. Dalam waktu singkat, Hutan Donoloyo menjadi gundul dan tak lagi asri. Tak ada lagi kokok ayam hutan dan suara burung betet yang merdu.

Karena hasil sudah tidak ada lagi. Pak Bringgo pun meninggalkan daerah itu, kembali ke kota dengan keuntungan yang melimpah.

Beberapa bulan kemudian, harta para penduduk dari hasil menebang pohon yang dijual ke Pak Bringgo pun segera habis untuk kebutuhan sehari-hari.

Ketika musim kemarau tiba, sumur-sumur penduduk menjadi kering, dan udara sangat panas. Padahal sejak zaman dahulu, kampung mereka tidak pernah kekeringan.

Sawah-sawah pun gagal panen karena tidak cukup air. Ranting-ranting untuk kayu bakar pun sangat sulit dicari. Hidup mereka menjadi susah. Hutan Donoloyo yang mereka banggakan kini menjadi gundul. Mereka sangat menyesali keserakahan yang mereka lakukan.

Akhirnya seluruh penduduk kampung menyadari kesalahan mereka. Lalu, mereka bergotong royong  menanam kembali hutan Donoloyo, meskipun akan perlu waktu yang lama untuk bisa mengembalikannya seperti semula. Namun mereka kini sudah menyadari pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hutan.

Setelah hutan Donoloyo kembali hijau, kini tak ada lagi penebangan liar di sana. Seluruh warga kampung bahu membahu untuk menjaga kelestarian lingkungan hutan.

Hikmah Cerita
Selamatkan hutan kita dari ancaman penebangan liar atau penggundulan. Mari selalu menjaga kelestarian lingkungan. 

Sumber: Harian Kompas, Minggu 15 Februari 2015. 
Penulis: Fransiska Rina Milansi 
Ilustrasi: Regina Primalita


Demikianlah Info postingan berita Hutan Donoloyo

terbaru yang sangat heboh ini Hutan Donoloyo , mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian info artikel kali ini.

Anda sedang membaca posting tentang Hutan Donoloyo dan berita ini url permalinknya adalah https://indodongeng.blogspot.com/2015/02/hutan-donoloyo.html Semoga info lowongan ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: