Cerita Rakyat dari Bengkulu, Raja Api dan Putri Sulita

Cerita Rakyat dari Bengkulu, Raja Api dan Putri Sulita - Hallo semuanya Pembaca Berita, Pada postingan berita kali ini yang berjudul Cerita Rakyat dari Bengkulu, Raja Api dan Putri Sulita, telah di posting di blog ini dengan lengkap dari awal lagi sampai akhir. mudah-mudahan berita ini dapat membantu anda semuanya. Baiklah, ini dia berita terbaru nya.

Judul Posting : Cerita Rakyat dari Bengkulu, Raja Api dan Putri Sulita
Link : Cerita Rakyat dari Bengkulu, Raja Api dan Putri Sulita
Cerita Rakyat dari Bengkulu, Raja Api dan Putri Sulita
Pada Zaman dahulu kala, di suatu negeri tersebutlah seorang raja bernama Api. Raja api ini tinggal di istana yang sangat indah. Hidupnya sangat senang karena negerinya aman, makmur, dan sentosa. Di setiap halaman istananya terdapat pengawal bersenjata lengkap.

Tetapi, anehnya, di istana itu tidak tampak seorang wanita pun. Semuanya laki-laki, kecuali permaisuri yang sedang hamil tua dan para dayang.

Hewan yang amat disenangi oleh raja adalah seekor burung gagak buta. Raja menyenanginya karena burung gagak itu sangat setia, jujur, dan pandai berbicara.

Pada suatu hari, berkatalah Raja Api kepada permaisurinya yang bernama Putri Hijau, "Permaisuriku tercinta, aku akan berangkat ke luar kota melaksanakan kunjungan kerja. Jika engkau sudi, ada tiga hal yang aku minta kepadamu."

"Apakah tiga hal yang hendak engaku minta kepadaku, wahai Kanda? Katakanlah terus terang, mungkin aku bisa membantu," sahut sang permaisuri.

"Baiklah. Dengarkan baik-baik! Pertama, jagalah dirimu baik-baik. Jangan pergi kemana-mana.
Kedua, jangan lupa memberi makan burung gagak buta kesayanganku itu,
Ketiga, jika engkau melahirkan anak lelaki segera kabarkan kepadaku, tetapi jika engkau melahirkan anak perempuan, segera dibunuh!'

Setelah menyampaikan pesan itu, berangkatlah sang raja dengan kereta kuda beserta para pengawal dan penggiringnya menuju daerah yang akan ia kunjungi.

Selama sang raja dalam perjalanan, permaisurinya sering termenung dan gelisah. Kandungannya semakin besar, berarti saat melahirkan sudah semakin dekat. Hal yang sangat menggelisahkan permaisuri adalah perintah suaminya untuk segera membunuh anaknya jika yang dilahirkan anak perempuan.  Kegelisahan itu pula yang menyebabkan ia lupa memberi makan gagak buta kesayangan raja.

Pada suatu hari, lahirlah anak yang dinanti-nantikan oleh permaisuri. Bayi itu cantik sekali. Kulitnya putih. Rambutnya ikal, hitam dan lebat. Bayi perempuan itu diberi nama Sulita. 

Dengan penuh rahasia, permaisuri memanggil para dayang dan pembantu pribadinya. Permaisuri berpesan kepada mereka agar nanti mengatakan kepada raja bahwa anak perempuan yang dilahirkannya itu telah dibunuh dan dihanyutkan di sungai yang sangat deras alirannya, yang mengalir di pinggir ibukota kerajaan.

Dua minggu kemudian, pulanglah sang raja dari luar kota. Setelah tiba di istana, sang raja langsung menemui permaisurinya yang kebetulan sedang terbaring di tempat tidur. Berkatalah sang raja, "Apa kabar permaisuriku? Mengapa engkau berbaring di tempat tidur?"

"Kanda Raja yang tercinta, keadaanku baik-baik saja. Kandunganku sudah kempis. Bayi perempuan yang aku lahirkan sudah kubunuh dan kubuang ke sungai."

"Kalau begitu, bahagia sekali aku mendengarnya," ujar Raja Api dengan gembira. Kemudian raja berkata, "Bangkitlah dari pembaringanmu. Aku ingin bersantap denganmu. Aku membawa daging rusa yang lezat sekali."

Ketika mereka bersantap, tiba-tiba bersuaralah gagak buta dari dalam sangkarnya, "Makanlah yang enak Tuan, biarlah aku dalam sangkar kelaparan! Hiduplah dengan enak, tetapi bayi perempuan yang dilahirkan, disingkirkan ke luar kota.

Raja Api tampak kaget mendengar kata-kata burung gagak yang tidak terduga itu. Raja merasa sangat gelisah. Setelah selesai makan, raja langsung bertanya kepada permaisurinya, "Hai permaisuriku, bicaralah dengan sebenarnya. Dimana bayi perempuan yang kau lahirkan itu sekarang?"

"Tuanku Raja yang tersayang, sesungguhnya bayi perempuan yang aku lahirkan itu telah tiada," jawab permaisuri.

"Permaisuriku, ingatlah. Apabila para pengawal kerajaan dapat menemukan bayi perempuan itu, engkau akan mendapat hukuman yang berat," tegas raja sambil berlalu menuju ruang peraduan.

Tidak terasa, lima belas tahun pun berlalu. Suasana telah banyak berubah. Bayi perempuan yang dipelihara oleh Dayang Santi di sebuah desa terpencil itu sudah beranjak menjadi seorang gadis jelita. Wajahnya semakin cantik, perilakunya baik serta memiliki pengetahuan dan keterampilan. Yang lebih menarik lagi adalah ia pandai mengobati berbagai macam penyakit.

Pada suatu hari, di istana Raja Api yang selama ini tenang dan damai, tiba-tiba dikejutkan sebuah berita bahwa sang raja jatuh sakit. Para tabib dan dukun istana telah bersusah payah mengobati raja, namun penyakit yang ia derita belum juga sembuh. Oleh karena itu, diumumkanlah kepada khalayak bahwa dukun atau tabib yang mampu mengobati penyakit sang raja, baik kepada orang yang menemukan dukun maupun dukun itu sendiri, akan memperoleh hadiah yang besar dari sang raja. Selain itu, keselamatan hidupnya juga akan dijamin.

Pengumuman itu tersebar kemana-mana. Mendengar berita itu, timbullah keinginan Putri Sulita untuk mencoba mengobati penyakit yang diderita oleh raja.

Pagi-pagi benar, berangkatlah Putri Sulita bersama pengasuhnya, Dayang Santi. Tepat ketika matahari sepenggalan, sampailah mereka di istana raja. Seorang pengawal langsung menghampiri mereka dan menanyakan apa maksud dan tujuan kedatangan mereka. Sementara itu, pengawal-pengawal yang lain memperhatikan gerak-gerik kedua wanita yang baru saja datang itu. Maklum, selama kerajaan berada di bawah kekuasaan Raja Api, jarang kaum wanita bisa keluar masuk istana.

"Begini, Tuan. Kami mendapat berita bahwa Yang Mulia Raja Api dalam keadaan sakit keras," ujar Dayang Santi, "Kami ingin mencoba mengobati penyakit yang diderita Tuan Raja."

"Oooo ..., kalau begit, silakan masuk!" ujar salah seorang yang tampaknya menjadi pemimpin para pengawal istana raja. Kemudian Putri Sulita dan Dayang Santi dibawa masuk ke kamar tempat sang raja sedang terbaring lesu.

Tidak terlalu lama, selesailah pengobatan yang dilakukan oleh tabib wanita muda yang sangat cantik jelita itu. Perlahan-lahan raja mulai sadarkan diri. Kemudian, raja mulai melihat ke kanan kiri. Sejenak kemudian, ia bangkit dari pembaringan dan bersandar di tempat tidur. Wajahnya mulai berseri-seri. Sang raja merasa terharu dan bahagia karena bisa sehat kembali seperti sediakala. Beliaupun merasa sangat berhutang budi kepada dukun yang telah mampu mengobatinya.

Sesuai dengan pengumuman yang disebarkan, sang raja meminta agar Putri Sulita dan Dayang Santi tinggal bersama raja di istana. Setelah itu berkatalah sang raja, "Sebagai tanda terima kasihku, mulai hari aku nyatakan bahwa Putri Sulita, tabib wanita yang telah menyelamatkan nyawaku, aku angkat sebagai anak kandungku yang berhak mendapat gelar dan akan menjadi ratu bila saatnya tiba.

Mendengar ucapan raja itu, Permaisuri sangat bahagia. Demikian pula Dayang Santi. Sejak itu, mereka menetap di istana, mendapat perhatian dan jaminan keselamatan hidup dari Raja Api yang dahulu terkenal sangat bengis dan galak.

Kesimpulan
Kejujuran dan kebaikan budi seseorang dapat menaklukkan kebathilan dan kelaliman 

Sumber: Buku Cerita Rakyat Dari Bengkulu
Oleh: H. Syamsuddin ZA, M. Ikram, Zaharuddin, M. Halimi, Zainuddin Yusuf
Penerbit, PT. Grasindo, Jakarta


Demikianlah Info postingan berita Cerita Rakyat dari Bengkulu, Raja Api dan Putri Sulita

terbaru yang sangat heboh ini Cerita Rakyat dari Bengkulu, Raja Api dan Putri Sulita, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian info artikel kali ini.

Anda sedang membaca posting tentang Cerita Rakyat dari Bengkulu, Raja Api dan Putri Sulita dan berita ini url permalinknya adalah https://indodongeng.blogspot.com/2015/02/cerita-rakyat-dari-bengkulu-raja-api.html Semoga info lowongan ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: