Pengertian Keras Hati dan Bahayanya

Pengertian Keras Hati dan Bahayanya - Hallo semuanya Pembaca Berita, Pada postingan berita kali ini yang berjudul Pengertian Keras Hati dan Bahayanya, telah di posting di blog ini dengan lengkap dari awal lagi sampai akhir. mudah-mudahan berita ini dapat membantu anda semuanya. Baiklah, ini dia berita terbaru nya.

Judul Posting : Pengertian Keras Hati dan Bahayanya
Link : Pengertian Keras Hati dan Bahayanya

KERAS HATI ( PEMARAH )
1. pengertian marah

  marah adalah kodrat yanga ada pada diri setiap manusia yang dimana setiap manusia pernah mengalami marah. tetapi hal itu tergantung dari diri manusia ada yang bisa menahannya dan ada pula yang tidak bisa menshsn amarahnya. marah adalah jenis emosi yang dialami oleh seseorang. marah itu memiliki tingkatannya masing-masing berdasarkan bentuk ekspresinya pada setiap individu dan juga dari faktor umur. perbuatan marah adalah perbuatan yang amat disenangi oleh setan karena kemarahan akan cenderung membawa manusia untuk melakukan perbuatan-perbuatan keji.


2.  tingkatan marah

golongan tafrith, ini termasuk dalam golongan orang yang tidak memiliki sifat marah. manusia ini sama sekali tidak akan marah jika ada yang menginjak-injak agamanya. bahkan untuk ras tersinggung pu tidak ada. dan manusia ini hanya akan lemah apabila menghadapi masalah yang terjadi pada diri sendiri maupun keluarganya.
golongan ifrath, yautu mereka yang tidak dapat mengawal perasaan marah lalu bersikap berlebih-lebihan sehingga hilang pengawalan akal terhadap dirinya. orang-orang seperti ini akan cenderung barkata kasar. bahkan dapat menimbulkan pertumpahan darah akibat marah tersebut.
golongan i'tidal, yaitu golongan yang bersikap sederhana diantara tafrith dan ifrath. mereka ini adalah orang yang hanya akan marah dalam situasi tertentu saja. kemarahan yang tergolong dalam kategori terpuji adalah kemarahan yang timbul hanya karena menurut perintah Allah Swt. oleh karena itu hendaklah kemarahan yang ada dalam jiwa seorang muslim itu bertindak untuk menolak gangguan orang lain terhadap kehormatan dirinya, keluarganya serta  umat islam keseluruhan.
adapun hadits tentang keutamaan menahan amarah
 
عَنْ كَظَمَ غَيْظًا وَهُوَ قَادِرٌ عَلَى اَنْ يُنْفِذَهُ دَعَاهُ اللّهُ عَزَّوَجَلَّ عَلَى رُؤُوْسِ الْخَلَائِقِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُخَيِّرَهُ اللّهُ مِنَ الْخُرِالْعِيْنِ مَاشَاأَ

Artinya
“Barang siapa menahan amarah padahal ia mampu melakukannya, pada hari kiamat Allah akan memanggilnya dihadapan seluruh makhluk, kemudian Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari yang ia sukai “ (H.R Ahmad )

Telah dinyatakan dalam hadits riwayat ahmad diatas, betapa mulianya orang yang dapat menahan diri dan nafsunya dari amarah. Sehingga Allah akan memanggilnya dihadapan seluruh umat pada hari kiamat nanti. Bahkan Allah akan menyuruhnya untuk memilihbidadari mana saja yang ia sukai.

.      Bahaya sikap marah
Kehilangan kendali diri sendiri yang mana mereka yang marah akan kehilangan kontrol atas diri sendiri sehingga tidak akan bisa berfikir jernih.
Merugikan diri sendiri karena marah tersebut akan canderung mambawa manusia untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang keji dan tercela yang berdasarkan bisikan setan dan iblis.
Terjerumus pada kemaksiatan.
Mandapap azab dari Allah Swt.

Adapun akibat  dari perbuatan sifat marah pun ada untuk diri sendiri dan orang lain. Yaitu akan membuat manusia menjadi susah tidur, kehilangan energi akibat sifat marah yang melonjak atau berlebih-lebihan. Orang yang marah lebih cenderung tidak bisa mengontrol diri dari emosinya yang sangat merugikan karena dapat merusak fasilitas-fasilitas umum, benda-benda disekitar, serta pertumpahan darah. Orang yang kuat bukan lah orang yang pandai bergulat. Tetapi, orang yang kuat adalah orang yang mampu mengendalikan firinya ketika sedang marah. Maka hal itu akan lebih baik dan berguna.





Demikianlah Info postingan berita Pengertian Keras Hati dan Bahayanya

terbaru yang sangat heboh ini Pengertian Keras Hati dan Bahayanya, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian info artikel kali ini.

Anda sedang membaca posting tentang Pengertian Keras Hati dan Bahayanya dan berita ini url permalinknya adalah https://indodongeng.blogspot.com/2017/09/pengertian-keras-hati-dan-bahayanya.html Semoga info lowongan ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: