Dongeng Cerita Ambo Upe dan Burung Beo – Sulawesi Selatan

Dongeng Cerita Ambo Upe dan Burung Beo – Sulawesi Selatan - Hallo semuanya Pembaca Berita, Pada postingan berita kali ini yang berjudul Dongeng Cerita Ambo Upe dan Burung Beo – Sulawesi Selatan, telah di posting di blog ini dengan lengkap dari awal lagi sampai akhir. mudah-mudahan berita ini dapat membantu anda semuanya. Baiklah, ini dia berita terbaru nya.

Judul Posting : Dongeng Cerita Ambo Upe dan Burung Beo – Sulawesi Selatan
Link : Dongeng Cerita Ambo Upe dan Burung Beo – Sulawesi Selatan
Dongeng Cerita Ambo Upe dan Burung Beo – Sulawesi Selatan


Ambo Upe dan Burung Beo – Sulawesi Selatan

Wednesday, August 9th, 2017 -

Ambo Upe adalah seorang penggembala kerbau yang tinggal di sebuah daerah di Sulawesi Selatan, Indonesia. Ambo upe adalah bahasa Bugis yang terdiri dari dua kata, yaitu ambo yang berarti bapak, dan upe berarti untung atau beruntung. Ambo upe berarti bapak yang beruntung. Pada suatu hari, Ambo Upe menggembalakan enam ekor kerbaunya di pinggir sebuah hutan lebat. Tanpa diduga, tiba-tiba muncul dua orang perampok dari dalam hutan dengan wajah seram. Kedua perampok itu kemudian menghampiri dan mengikat Ambo Upe pada sebuah pohon, lalu membawa pergi kerbau gembalaannya. Bagaimana nasib Ambo Upe selanjutnya dan keenam kerbaunya? Ikuti kisah selengkapnya dalam cerita Ambo Upe dan Burung Beo berikut ini.


index


 Kisah Ambo Upe dan Burung Beo – Sulawesi Selatan


Pada suatu hari Ambo Upe kembali menggembalakan enam kerbaunya. Dibiarkannya kerbau-kerbaunya itu bebas merumput sementara ia beristirahat di bawah pohon asam yang rindang. Mendadak seekor anak burung jatuh di dekat Ambo Upe. Anak burung itu terlihat terluka. Ambo Upe lantas mengambil anak burung itu. Dibawanya pulang ke rumah dan diberinya obat pada luka yang diderita si anak burung. Dengan penuh kasih sayang dirawatnya anak burung itu.


Setelah beberapa saat merawat, Ambo Upe mengetahui jika anak burung yang dirawatnya itu adalah anak burung beo. Seiring kian bertambahnya sang waktu, burung beo itu menjadi jinak dengan Ambo Upe. Meski burung beo itu tidak dikandangkan, ia tidak juga terbang menjauh. Kerap ia hinggap di bahu Ambo Upe jika dilihatnya Ambo Upe tengah duduk atau beristirahat. Setiap kali Ambo Upe menggembalakan kerbau-kerbaunya, tak lupa burung beo itu turut serta dengannya.


Pada suatu hari Ambo Upe tertidur ketika tengah menggembalakan kerbau-kerbaunya. Seekor ular berbisa merayap ke arah Ambo Upe. Si burung beo yang mengetahui bahaya yang mengancam Ambo Upe segera bertindak. Dengan cepat dipatuknya mata ular berbisa itu. Ular berbisa itu menggeliat-geliatkan tubuhnya karena kesakitan sebelum akhirnya merayap pergi. Si burung beo lantas mengepak -ngepakkan sayapnya di dekat telinga Ambo Upe hingga Ambo Upe terbangun membahayakan. Seketika mengetahui peristiwa yang hampir membahayakan jiwanya, Ambo Upe berterima kasih kepada si burung beo. Dielus-elusnya kepala burung beo itu seraya mengucapkan terima kasih.


Beberapa waktu kemudian terjadi musim kemarau yang berkepanjangan. Rumput-rumput di padang penggembalaan mengering. Ambo Upe lantas berniat menggembalakan kerbau- kerbaunya di pinggir hutan yang masih banyak terdapat rumput di sana. Para penggembala lainnya tidak berani menggembalakan hewan gembalaan di tempat itu karena daerah itu adalah daerah rawan. Hutan itu kerap dijadikan tempat persembunyian para perampok.


Benarlah kekhawatiran para penggembala. Beberapa saat Ambo Upe membiarkan kerbau- kerbaunya merumput di tempat itu, dua perampok datang dan menyergap Ambo Upe. Mereka mengikat Ambo Upe di sebuah pohon dan membawa enam kerbau gembalaan Ambo Upe ke dalam hutan.


Si burung beo melihat semua kejadian itu. Ia terbang mengikuti kemana kerbau-kerbau milik Ambo Upe itu akan disembunyikan para perampok. Setelah mengetahui enam ekor kerbau itu disembunyikan di dalam gua di dalam hutan, si burung beo lantas terbang secepatnya ke rumah Ambo Upe.


Ayah Ambo Upe keheranan mendapati burung beo peliharaan anaknya itu kembali ke rumah dan mengoceh. Sama sekali ia tidak mengetahui apa yang diucapkan si burung beo. Namun, karena si burung beo seperti hendak mengajaknya, ayah Ambo Upe akhirnya menyadari akan bahaya yang tengah dialami anaknya. Bersama beberapa tetangganya, ayah Ambo Upe lantas mengikuti ke mana si burung beo terbang. Tak lupa mereka membawa senjata untuk menghadapi hal-hal buruk yang mungkin akan mereka temui. Amat terperanjatlah mereka kemudian saat mendapati Ambo Upe terikat pada Datang pohon sementara enam kerbau gembalaannya telah menghilang.


Ambo Upe lantas menceritakan kejadian yang dialaminya. Katanya, "Aku tidak tahu dibawa kemana enam kerbau gembalaanku itu setelah aku disergap dan diikat dua perampok itu.'


Ayah Ambo Upe dan orang-orang lainnya bersepakat untuk mencari di mana dua perampok itu berada untuk mengambil kembali kerbau kerbau yang telah mereka rampok. Namun, mereka merasa bingung hendak mencari ke mana. Mendadak si burung beo terbang di dekat Ambo Upe dan seperti memberi isyarat agar Ambo Upe mengikutinya.


Orang-orang pun akhirnya mengikuti arah terbangnya si burung beo. Mereka memasuki hutan. Beberapa saat berjalan, mereka akhirnya menemukan sebuah gua. Secara sembunyi sembunyi mereka mengintai. Mereka mendengar suara kerbau dari dalam gua.


"Rupanya gua ini menjadi tempat persembunyian para perampok serta tempat untuk menyembunyikan barang-barang hasil rampokan mereka." bisik ayah Ambo Upe. "Mari kita tangkap para perampok itu!"


Dengan senjata terhunus pada tangan masing-masing, orang-orang itu pun segera mengepung gua. Mereka bergerak hati-hati ketika memasuki gua. Mereka dapati berpuluh-puluh ekor kerbau berada di dalam gua itu. Mereka lihat pula dua perampok itu tengah tertidur di dalam dua lubang kecil di dalam gua. Serentak mereka menangkap dua perampok itu dan mengikat kedua tangan mereka.


Dua perampok segera mereka gelandang dan kerbau-kerbau hasil rampokan dua perampok itu segera mereka giring keluar dari dalam gua. Kedatangan mereka disambut suka cita penduduk, terutama mereka yang telah kehilangan kerbau. Kerbau-kerbau mereka telah berhasil ditemukan kembali dan dua perampok yang selama itu meresahkan warga akhirnya dapat diringkus.


Ambo Upe sama sekali tidak menyangka, si burung beo itu dapat membalas budi begitu besar terhadapnya. Ia hanya sekali menyelamat kan si burung beo, namun berulangkali burung beo itu menyelamatkan dari berbagai bahaya yang mengancam jiwanya. Sungguh-sungguh berterima kasihlah" Ambo Upe kepada burung beo peliharaannya itu. Ia pun berketetapan hati untuk rnenyayangi hewan-hewan lainnya, karena hewan pun sesungguhnya bisa membalas budi jika mendapat perlakuan yang baik. Seperti yang ditunjukkan si burung beo piaraannya itu.


Pesan Moral dari  Kisah Ambo Upe dan Burung Beo yaitu keutamaan sifat saling tolong-menolong terhadap sesama makhluk. Sifat ini tercermin pada sikap dan perilaku Ambo Upe dan si Burung Beo.






Demikianlah Info postingan berita Dongeng Cerita Ambo Upe dan Burung Beo – Sulawesi Selatan

terbaru yang sangat heboh ini Dongeng Cerita Ambo Upe dan Burung Beo – Sulawesi Selatan, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian info artikel kali ini.

Anda sedang membaca posting tentang Dongeng Cerita Ambo Upe dan Burung Beo – Sulawesi Selatan dan berita ini url permalinknya adalah https://indodongeng.blogspot.com/2017/08/dongeng-cerita-ambo-upe-dan-burung-beo.html Semoga info lowongan ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: