Asal mula BidaraChina

Asal mula BidaraChina - Hallo semuanya Pembaca Berita, Pada postingan berita kali ini yang berjudul Asal mula BidaraChina, telah di posting di blog ini dengan lengkap dari awal lagi sampai akhir. mudah-mudahan berita ini dapat membantu anda semuanya. Baiklah, ini dia berita terbaru nya.

Judul Posting : Asal mula BidaraChina
Link : Asal mula BidaraChina
BidaraChina dewasa ini menjadi nama sebuah kelurahan, kelurahan BidaraChina, Kecamatan Jatinegara, Kotamadya Jakarta Timur.

Menurut beberapa informasi, kawasan tersebut dikenal dengan nama BidaraChina, karena pada waktu terjadi pemberontakan orang – orang China di Batavia dan sekitarnya terhadap Kompeni pada tahun 1740, ribuan dari mereka terbunuh mati, bermandi darah. Di antaranya di tempat yang kemudian disebut BidaraChina itu.

Informasi tersebut tidak mustahil mengandung kebenaran walaupun mengundang beberapa pertanyaan, kenapa hanya dikawasan itu yang disebut BidaraChina, karena banyak orang China mati bermandikan darah?. Padahal peristiwa pembunuhan itu konon terjadi di pelosok Kota Batavia dan sekitarnya. Kenapa tidak di sebut China berdarah, sesuai dengan kaidah bahasa Melayu, yang kemudian berubah menjadi Chinabedara, selanjutnya menjadi Chinabidara?

Perkiraan lainnya, asal nama kawasan tersebut dari bidara yang ditanam oleh orang China di situ. Bidara, atau bahasa ilmiahnya Zizyphus jujube Lam, famili Rhanneae, adalah pohon yang kayunya cukup baik untuk bahan bangunan,. Akar dan kulitnya yang rasanya pahit, mengandung obat penyembuh beberapa macam penyakit, termasuk sesak nafas. Di ketiak dahannya biasa timbul gumpalan getah. Buahnya dapat dimakan (Fillet 1888:52)

Ada kaitannya dengan perkiraan tersebut, yaitu keterangan tentang adanya seorang China yang mengikat kontrak yang aktanya dibuat oleh Notaris Reguleth tertanggal 9 Oktober 1684, untuk menanami kawasan sekitar benteng Noordwijk dengan pohon buah – buahan, termasuk pohon Bidara (De Haan 1911, (11):613). Walaupun di luar kontrak tersebut, mungkin saja seorang China menanam bidara di tempat yang kini dikenal dengan sebutan BidaraChina itu.


Demikianlah Info postingan berita Asal mula BidaraChina

terbaru yang sangat heboh ini Asal mula BidaraChina, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian info artikel kali ini.

Anda sedang membaca posting tentang Asal mula BidaraChina dan berita ini url permalinknya adalah https://indodongeng.blogspot.com/2013/12/asal-mula-bidarachina.html Semoga info lowongan ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: